BATU GINJAL DAN PENGOBATANNYA

 

BATU GINJAL DAN PENGOBATANNYA |

Batu Ginjal Dan Pengobatannya -  Batu ginjal adalah suatu keadaan terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyses dari ginjal atau di dalam saluran ureter.

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang terkait dengan saluran air kencing atau saluran kandung kemih. Batu Ginjal terjadi akibat adanya kristalisasi unsur-unsur tertentu dalam saluran akibat persenyawaan kimia.

Penyakit batu ginjal dapat terjadi pada kaum pria maupun wanita. Tetapi jika Anda memperhatikan tingkat perbandingannya, maka pria lebih banyak mengalami batu ginjal dibandingkan wanita. Dari penelitian didapatkan kenyataan bahwa penyakit batu ginjal terutama terkait dengan obstruksi saluran kencing pada pria.

Batu Ginjal Dan Pengobatannya, Batu ginjal pada umumnya terdiri dari 4 jenis  bahan kimia utama dan berhubungan dengan tersebut:

  1. Batu kalsium
  2. Batu Struvite
  3. Batu asam urat
  4. Batu sistin

Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1.000 orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu. Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu.

Penyebab Batu Ginjal

Penyebab batu ginjal dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Kurang minum sehingga menyebabkan sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal. Cairan yang dibutuhkan untuk menggelontor berbagai racun di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan urin mengalami kondensasi sehingga membentuk butiran seperti batu (batu ginjal).
  2. Tubuh memproduksi asam urat di dalam darah terlalu berlebihan
  3. Infeksi yang terjadi di dalam ginjal yang mempermudah batu ginjal terbentuk.
  4. Faktor genetik. Jika ditemukan salah satu anggota keluarga menderita batu ginjal, hampir dimungkinkan keturunannya berpotensi mengalami batu ginjal.

Tindakan pencegahan pembentukan batu ginjal tergantung kepada komposisi batu yang ditemukan pada penderita. Batu ginjal tersebut dianalisa dan dilakukan pengukuran kadar bahan yang bisa menjadi penyebab batu ginjal di dalam air kemih.

Gejala Batu Ginjal

Batu Ginjal Dan Pengobatannya, Dalam kasus penyakit batu ginjal dan saluran kemih, kerusakan ginjal yang parah akan memaksa Anda untuk mencuci darah sepanjang hidup. Apa yang harus Anda lakukan untuk menghadapi penyakit batu ginjal ini? Langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

Cermati gejala

Tidak semua sakit pinggang pertanda adanya batu ginjal. Penyakit ini memiliki beberapa gejala khas yang bertalian satu sama lain. Jika gejala batu ginjal ini terasa, Anda patut curiga.

Gejala batu ginjal secara umum adalah:

  • Sakit atau terasa pegal pada pinggang belakang bagian atas atau tepatnya di bawah iga terakhir. Pada taraf tertentu sakit yang ditimbulkan berupa nyeri menusuk-nusuk, menjalar ke arah samping mengikuti alur saluran kemih.
  • Terkadang disertai anyang-anyangan. Buang air kecil tidak lancar. Hasrat ada namun berkali-kali ke belakang yang dikeluarkan hanya sedikit. Air seni sering berwarna kemerahan. Ini pertanda dinding saluran kemih tergores atau terluka oleh serpihan batu. Terkadang terasa nyeri saat buang air. Saat bersamaan, pada air seni terdapat serpihan pasir atau batu kecil.

Ada pula gejala batu ginjal lainnya, seperti :

Walaupun pada awalnya penyakit batu ginjal tidak bergejala, akan tetapi indikasi kecil sudah terlihat.Berikut adalah beberapa gejala batu ginjal:

  1. Batu di dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah
  2. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat)
  3. Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam
  4. Gejala batu ginjal lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih
  5. Penderita batu ginjal mungkin menjadi sering berkemih, terutama ketika batu melewati ureter
  6. Bau air kencing yang lebih menyengat walaupun sudah disiram air.

Warna air kencing keruh, berwarna kuning atau kemerahan dan sering keluar darah.

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

  1. Minumlah air yang cukup. Minumlah setidaknya 2 liter air sehari atau satu gelas setiap jamnya (lebih banyak bila cuaca panas atau Anda banyak beraktivitas fisik). Dengan meminum banyak air, urin Anda bertambah sehingga mengurangi konsentrasi garam dan mineral.
  2. Minumlah sepanjang hari. Bila Anda minum hanya di pagi hari, air tersebut akan dibuang melalui kencing dalam dua jam berikutnya sehingga konsentrasi garam dan mineral di siang hari meningkat. Anda harus membiasakan minum lebih sering.
  3. Pilih makanan yang kaya vitamin A. Asupan vitamin A sebesar 5000 IU per hari (setara 60 gram wortel) menyehatkan fungsi sistem urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.
  4. Kurangi garam dalam makanan. Dengan mengurangi garam, Anda mengurangi kadar kalsium dalam urin.
  5. Jangan berlebihan mengkonsumsi susu dan produk susu (keju, yogurt, es krim, dll) berkalsium tinggi. Kelebihan kalsium akan dibuang oleh tubuh melalui urin sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.
  6. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat tinggi seperti cokelat, kacang, bayam, anggur, dll.
  7. Jangan berlebihan mengkonsumsi vitamin C dan D karena dapat mempermudah pengkristalan kalsium oksalat. Konsumsi 3 atau 4 gram vitamin C dan 400 IU vitamin D setiap hari sudah memenuhi kebutuhan sebagian besar orang.
  8. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan vitamin B6karena dapat mengurangi kadar kalsium oksalat dalam air seni.
  9. Kembangkan pola hidup aktif. Kalsium adalah unsur pembentuk tulang. Dengan hidup aktif, Anda membantu pembentukan kalsium menjadi tulang. Sebaliknya, gaya hidup kurang gerak mendukung kalsium untuk beredar dalam darah dan berisiko menjadi kristal.
  10. Kurangi peredaran asam urat. Semua hal yang dapat mencegah asam urat juga mencegah  pembentukan batu ginjal.

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal dan pengobatannya bisa dilakukan dengan pengobatan herbal yaitu dengan mengkonsumsi Xamthone Plus, Apa yang membuat Xamthone Plus  sangat bermanfaat sekali  bagi penderita batu ginjal. Manggis memiliki efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal melalui urin. Hal ini juga membantu dalam mencegah terbentuknya batu ginjal lebih lanjut karena sifat basa-nya.  Seperti yang dijelaskan sebelumnya, batu asam urat berkembang dalam urin asam. Dengan menetralkan keasaman urin, batu-batu ginjal akan terhambat dari pembentukannya.
Lebih dari itu, xanthones ditemukan dalam buah manggis mempunyai efek antibakteri, sehingga infeksi dan pembentukan batu ginjal akan dicegah untuk orang-orang yang mengalami retensi urin karena hambatan di saluran urin.

Anda dapat memperoleh xamthone di >> Agen Xamthone Plus

Selain Xamthone plus untuk mendapatkan hasil maksimal maka kami memberikan kombinasi obat herbal bisa di lihat di Obat Herbal Batu Ginjal

Semoga anda terbantu dengan sedikit uraian diatas tentang Batu Ginjal dan Pengobatannya

 

Tags:

batu ginjal dan pengobatannya,batu ginjal penyebab dan pencegahannya,penyebab batu ginjal dan pengobatannya,gejala batu ginjal pada pria,gejala batu ginjal dan pengobatannya,gejala batu ginjal pada wanita,gejala sakit ginjal dan pengobatannya,penyakit batu ginjal dan pengobatannya,penyebab batu ureter,pinggang pegal dan pipis keruh