GEJALA PENYAKIT GINJAL

 

Gejala Penyakit Ginjal – Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal kronis tanpa mengetahuinya, karena gejala penyakit ginjal bisa berlangsung lama. Pada beberapa kasus, gejala penyakit ginjal yang terasa dapat hilang begitu saja, bahkan gejala penyakit ginjal tidak akan terasa selama bertahun-tahun akan tetapi ketika penyakit ginjal tersebut sudah menimbulkan gejala biasanya penyakit ginjal tersebut sudah mencapai kepada penyakit ginjal kronis bahkan hingga gagal ginjal.

Mengetahui gejala penyakit ginjal dapat membantu mendapatkan perawatan yang dibutuhkan demi kesehatan. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki satu atau lebih gejala penyakit ginjal berikut, atau khawatir tentang masalah ginjal, konsultasi dengan dokter untuk tes darah dan urin. Ingat, banyak gejala penyakit ginjal dapat disebabkan oleh alasan lain daripada penyakit ginjal. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab gejala penyakit ginjal secara tepat dan efektif adalah konsultasi dengan dokter. Karena Gejala penyakit ginjal sering tanpa keluhan sama sekali, bahkan tak sedikit penderita mengalami penurunan fungsi ginjal hingga 90 persen tanpa didahului keluhan.

Berikut gejala penyakit ginjal secara umum, namun tidak menutup kemungkinan gejala berikut ini berasal dari penyakit lain (bukan sebagai ) :

  • Perubahan kencing. Gejala penyakit ginjal ini berkaitan dengan fungsi ginjal sebagai organ ekskresi urin, jadi ketika gagal ginjal, urin bisa berubah. Orang yang penyakit ginjal mungkin harus bangun di malam hari untuk buang air kecil. Urine bisa berbusa atau bergelembung, dimana frekuensi abnormal (bisa lebih banyak atau lebih sedikit), biasanya urin pucat atau mungkin mengandung darah (hematuri). Pada penyakit batu ginjal, terjadi tekanan atau mengalami kesulitan buang air kecil.
  • Pembengkakan. Gagal ginjal tidak mengeluarkan cairan tambahan, yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah, dan / atau tangan.
  • Kelelahan. Ginjal sehat membuat erythropoietin hormon yang memberitahu tubuh untuk membuat pembawa oksigen sel darah merah. Jika gagal ginjal, eritropoietin lebih sedikit. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia.
  • Mual dan Muntah. Penumpukan limbah dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan penurunan berat badan.
  • Sakit/nyeri punggung. Beberapa orang dengan masalah penyakit ginjal mungkin akan merasa sakit di bagian belakang atau samping terkait dengan ginjal yang terkena. penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan besar, kista berisi cairan pada ginjal dan kadang-kadang hati, dapat menyebabkan rasa sakit.

Pencegahan Penyakit Gangguan Ginjal

Pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan antara lain mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat.

Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung.

Cobalah obat herbal penyakit ginjal yang mana tidak menimbulkan efek samping, karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Gejala Penyakit Ginjal

Tags:

ciri-ciri infeksi ginjal,ciri ciri infeksi ginjal,ciri-ciri gejala penyakit ginjal,ciri ciri gejala ginjal,Ciri ciri gejala penyakit ginjal,ciri-ciri gejala ginjal,ciri2 ginjal