GEJALA PENYAKIT SIPILIS

 

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT SIPILIS

Gejala penyakit sipilis biasanya mulai timbul dalam waktu 1-13 minggu setelah terinfeksi. Infeksi bisa menetap selama bertahun-tahun dan jarang menyebabkan kerusakan jantung, kerusakan otak maupun kematian. Sedangkan pada fase laten dimana tidak nampak gejala sama sekali. Fase ini bisa berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun atau bahkan sepanjang hidup penderita. Pada awal fase laten kadang luka yang infeksius kembali muncul.

Gejala penyakit sipilis dibedakan berdasarkan jenis kelamin penderitanya dan stadium penyakitnya. Pada stadium pertama, seorang wanita akan menemukan luka kecil (Syanker) dekat dengan vagina. Seorang pria akan menemukan ulkus yang berupa benjolan keras di sekitar venis. Gejala ini bisa juga tumbuh di bibir dalam mulut, atau disekitar rektum. Jika gejala ini tidak segera diatasi, maka orang yang mengidap penyakit sipilis akan memasuki gejala-gejala stadium ke dua.

Gejala penyakit sipilis umum seperti bercak di sekujur tubuh yang timbul beberapa minggu. Ada kemungkinan gejala-gejala lainpun muncul. Seperti, bintik di dalam mulut serupa sariawan, atau bercak di tangan dan kaki. Jika hal tersebut juga tidak diobati, ini dapat merusak sel otak atau melumpuhkan tulang sum-sum atau merusak jantung, serta pembuluh darah. Dengan kata lain penyakit sipilis bisa membuat penderitanya menjadi gila dan lumpuh.

Gejala penyakit sipilis lain adalah merasa tidak enak badan (malaise), kehilangan nafsu makan, mual, lelah, demam dan anemia. Gejala dan tanda dari Sipilis banyak dan berlainan; sebelum perkembangan tes serologikal, diagnosis sulit dilakukan dan penyakit ini sering disebut “Peniru Besar” karena sering dikira penyakit lainnya.

Saat penyakit sipilis masuk minggu ke 3-6 penderita akan merasa penyakitnya seolah-olah sembuh. Walau pun tanpa pengobatan.  Gejala-gejala luar dirasa hilang. Padahal ini masih dalam efek primer dominan. Masuk 2 bulan setelah tertular (bulan ke 3) penyakit sipilis masuk tahap stadium II. Penderita sipilis akan  demam, kepala sakit, sakit tulang dan sebagainya. Kulit dan selaput lendir masih ada luka tapi tidak terasa gatal.

Pada sipilis stadium 2 ini kelenjar getah bening masih mengalami bengkak. Bahkan sudah menyeluruh. Kondisi ini disebut limfadenitis generalisata. Dimana jaringan sistem imunitas tubuh di bagian limfosit diserang.

Gangguan di kulit penderita sipilis ini dapat menghilang walau pun tanpa pengobatan. Kemudian akan muncul lagi dalam bentuk yang tidak simetris. Bahkan hilang sama sekali. Penderita akan menganggap dirinya sudah sembuh. Padahal belum sama sekali dan masih menular. Kondisi ini disebut sebagai sipilis laten. Atau sipilis tanpa gejala yang terlihat tapi masih sangat berbahaya dan sangat menular.

Satu-satunya cara untuk mengetahui sembuh atau tidaknya hanya dengan pemeriksaan tes VDRL dan TPHA di laboratorium. Tes ini harus sering dilakukan selama tahap pengobatan agar penderita mengetahui perkembangan pengobatan. Juga untuk mengetahui jumlah kuman pada cairan tubuh dan darah.

Setelah 3-10 tahun sejak tertular penyakit sipilis akan masuk ke stadium 3. Pada stadium ini sipilis tidak menular. Tapi banyak organ tubuh penderita sipilis yang sudah rusak.

Anda sangat berisiko tertular penyakit Sipilis jika melakukan hubungan seks tidak aman atau tanpa pelindung. Hubungan seks yang dilakukan meliputi seks vaginal, anal dan oral.

Untuk pengobatan anda bisa mencoba obat herbal untuk penyakit sipilis

Gejala Penyakit Sipilis

Tags:

Sipilis,gejala sipilis,Gejala spilis,ciri-ciri sipilis,ciri sipilis,ciri ciri sipilis,ciri2 sipilis,ciri penyakit sipilis,ciri spilis,ciri sifilis