MENSTRUASI TIDAK TERATUR

 

MENSTRUASI TIDAK TERATUR |

 

Menstruasi Tidak Teratur – Pertanyaan yang sering dilontarkan para kaum hawa di antaranya mengapa rasa sakit tak tertahankan mengiringi menstruasi? Mengapa periode menstruasi tidak teratur, jarang atau bahkan terlalu sering?

Mentruasi normal umumnya terjadi selama 3-7 hari setiap bulan dengan jarak 21-30 hari. Setelah menstruasi beberapa tahun, biasanya tiap wanita memiliki siklus yang tetap dan bisa memprediksi periode berikutnya.  Namun, saat menstruasi ada juga yang mengalami pendarahan lebih berat selama periode menstruasi.

Seseorang dikatakan memiliki perdarahan abnornal atau perdahan uterus yang tidak normal jika terjadi perdarahan di luar siklus reguler, menstruasi lebih lama atau lebih banyak dibandingkan normal, terjadi antara periode, waktu antara periode lebih panjang dibandingkan normal, atau tidak munculnya periode menstruasi.

Penyebab menstruasi tidak teratur yang sering ditemui dan dialami banyak wanita, yaitu :

1. Ketidak seimbangan hormon estrogen dan progesteron

2. Jarak siklus haid cukup jauh dengan haid pertama

3. Aktivitas seksual yang berlebihan

4. Melakukan diet yang ketat

5. Berat badan yang tidak seimbang

6. Tingkat masa subur yang terganggu akibat adanya kelenjar dan hormon berlebih

7. Keletihan, karena sering melakukan aktivitas yang padat dan berat

8. Stress

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi gejala gangguan yang lebih serius, khususnya endometriosis, uterine fibroid serta tumor. Jika siklus Anda tidak teratur, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Ketidakteraturan siklus menstruasi dibagi menjadi dua kategori:

Ketidakteraturan jangka panjang (long term irregularity). Kondisi ini termasuk siklus dengan durasai bervariasi dari bulan ke bulan, perdarahan berlebih, tidak menstruasi sama sekali dalam satu bulan, serta periode menstruasi yang menimbulkan rasa sakit kronis.

Jika Anda mengalami perdarahan yang berkepanjangan atau gejala sakit berlebih, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Ketidakteraturan tiba-tiba atau jangka pendek (Sudden or Short term Irregularity). Ketidakteraturan jangka pendek bisa dipicu oleh berbagai penyebab di atas. Kondisi ini pada umumnya tidak menimbulkan masalah, kecuali jika Anda mengalami rasa sakit atau merasa ada yang tidak beres.

Produk Herbal untuk mengatasi menstruasi tidak teratur

Xamthone plus merupakan produk herbal yang terbuat dari kulit mangggis yang mana mengandung super anti oksidan dimana akan menyerap radikal bebas yang menyebabkan beberapa penyakit. Xamthone plus akan mendorong terjadinya mentruasi dan mengontrol siklus menstruasi tidak teratur.

 

Tags:

menstruasi tidak teratur,haid tidak teratur,mengatasi haid tidak teratur,mens tidak teratur,cara mengatasi menstruasi tidak teratur,penyebab haid tidak teratur,cara mengatasi haid tidak teratur,siklus haid tidak teratur,ciri ciri haid tidak normal,penyebab menstruasi tidak teratur