PENYAKIT WASIR

 

SECARA ALAMI

Penyakit Wasir adalah penyakit yang timbul karena pelebaran pembuluh-pembuluh darah di daerah anus akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pelebaran pembuluh darah ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan semakin lama akan membengkak dan membentuk tonjolan.

Penyebab utama timbulnya penyakit wasir hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun wasir sangat terkait dengan kesulitan buang air besar (BAB) sehingga harus mengedan saat BAB. Penyebab lain adalah pekerjaan yang dilakukan dengan banyak duduk, berdiri lama, mengangkat beban yang berat .

Ada jenis-jenis makanan yang dapat merangsang terjadinya penyakit wasir ini seperti cabe dan rempah-rempah. Karena kandungan zat di dalam makanan tersebut menjadi faktor pembuluh darah gampang melebar. Hal serupa jika kita mempunyai penyakit diare kronis dapat menjadi faktor timbulnya wasir. Karena pada saat diare kita bisa BAB berulang-ulang sehingga pembuluh darah dapat melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

Penyakit wasir mempunyai 2 jenis, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Penyakit Wasir dalam adalah tertutupnya pembuluh darah oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Awalnya wasir dalam tidak terlihat dari luar, tapi kalau sudah membesar bisa menonjol keluar.

Gejala umum penyakit wasir dalam adalah keluar darah saat buang air besar, karena tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus tergesek oleh feses yang sulit keluar. Khusus untuk wasir dalam, ada beberapa stadium, yaitu:

  1. Stadium 1, ditandai dengan tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.
  2. Stadium 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.
  3. Stadium 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
  4. Stadium 4, tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk, dan harus dioperasi.

Pada penyakit wasir luar, pembuluh darah ditutupi oleh kulit. Karena posisinya di luar anus, wasir luar lebih gampang terlihat. Gejala umum penyakit wasir luar berbeda dengan wasir dalam. Karena berada di luar dan tidak dilalui kotoran, keluhannya adalah rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah.

Operasi pada penderita wasir, bisa mengakibatkan hilangnya katup penahan ketika kita akan BAB, jadi jika sudah parah atau operasi besar, ada kemungkinan anda tidak bisa menahan BAB. Jadi alangkah baiknya anda mengkonsumsi obat herbal terlebih dahulu, adapun operasi adalah alternatif terakhir.

Untuk mengurangi rasa sakit, caranya Anda harus mengkonsumsi air putih setiap hari, kurangi makanan yang pedas dan berlemak dan perbanyak makan makanan berserat agar anda bisa BAB secara lancar.

Dengan cara tersebut Anda dapat mengurangi penderitaan rasa sakit akibat wasir. Banyak penderita wasir menghiraukan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Sejauh ini penderita wasir malu untuk bercerita terhadap teman atau lingkungan sekitar. Penderita menganggap penyakit wasir memalukan dan menjadi gunjingan banyak orang.

Bagi anda yang ingin mengobati wasir tanpa operasi, Obat Herbal Xamthone Plus tepat untuk anda mengobati wasir.

Penyakit Wasir

 

Tags:

buang air besar keluar darah,bab keluar darah,penyebab buang air besar keluar darah,penyakit wasir,berak keluar darah,Keluar darah saat bab,keluar darah saat buang air besar,penyebab bab keluar darah,bab berdarah tapi tidak sakit,ciri penyakit wasir