PENYEBAB SESAK NAFAS

PENYEBAB SESAK NAFAS

PENYEBAB SESAK NAFAS

 

Penyebab Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sesak Nafas – Sesak nafas adalah perasaan sulit bernapas yang terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Sesak napas merupakan gejala dari beberapa penyakit dan dapat bersifat akut atau kronis.

Beberapa factor penyebab sesak nafas

  1. Faktor keturunan. Pembawaan dari genetika yang memiliki paru-paru dan organ pernafasan lemah. Diperberat dengan terfosirnya tenaga setelah dan rasa gelisah, maka akan menimbulkan efek pada bagian-bagian tubuh akan memulai fungsi tidak normal.
  2. Faktor lingkungan. Udara dingin dan lembab, lingkungan yang berdebu dan asap rokok dapat mengurangi supply oksigen ke paru-paru.
  3. Produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran udara. Ini adalah dampak dari kelebihan lendir dari dampak alergi terhadap sesuatu baik makanan atau penciuman.
  4. Lendir yang ada di paru-paru mengental akibat kurangnya asupan cairan. Sehingga akan menimbulkan efek yang lebih parah karena kondisi ini merupakan habitat yangh menyenangkan bagi mikroba.
  5. Faktor kelainan pada susunan tulang dan otot pada punggung bagian atas yang menghambat sensor saraf menuju paru-paru.
  6. Ini adalah factor yang amat penting yaitu emosi. Jika anda sering gelisah, depresi, stress dan rendah diri cenderung akan menahan nafas atau justru sering menarik nafas dengan jarak yang pendek sehingga terengah-engah. Dalam waktu yang lama kebiasaan ini akan berpengaruh terhadap produksi kelenjar adrenal dan hormone yang berkaitan langsung dengan system pertahanan tubuh. Kurangnya pengetahuan juga akan menyebabkan sesak nafas. Pengetahuan akan cara bernafas yang baik dan benar akan bermanfaat dalam jangka panjang baik terhadap fisik maupun emosi seseorang.

Oke kalau kita sudah tahu  penyebab sesak nafas maka kita juga harus tahu cara mengatasi jika gejala itu timbul. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika sesak nafas timbul.

Lakukanlah latihan bernafas yang baik dan benar yang dapat membantu melegakan pernafasan anda. Lakukan latihan ini dua kali sehari, lima sampai sepuluh menit sampai anda terbiasa melakukannya.

Pernafasan perut
Berbaring dengan enak dan letakkan bantal di bawah kepala. Tekuk lutut dan rilekskan perut. Tekan perut dengan satu tangan perlahan tetapi cukup keras untuk menciptakan tekanan. Letakkan tangan lain di dada.

Lalu bernafaslah perlahan dari hidung dengan menggunakan otot-otot perut. Tangan yang berada di atas perut harus diangkat pada saat menarik nafas dan letakkan kembali pada saat membuang nafas. Tangan yang lain tetap berada di atas dada dan usahakan agar tidak bergerak-gerak.

Bernafas melalui mulut
Bernafaslah perlahan melalui hidung untuk menghindari tertelannya udara. Tahan nafas anda sambil menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000. Majukan bibir anda seperti hendak bersiul. Lalu, buang nafas pelan-pelan melalui bibir yang dimajukan sambil menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000, empat, 1000, lima, 1000, enam, 1000.

Anda harus membuat suara siul perlahan saat membuang nafas. Nafas yang dibuang melalui bibir yang dimajukan akan mengurangi kecepatan bernafas dan membantu menghilangkan udara yang lama terperangkap dalam paru-paru.

Saat melakukan pernafasan melalui mulut selama aktivitas, tarik nafas sebelum bergerak, dan buang nafas saat aktivitas.

Bila ritme cara menghitung di atas tidak tepat, temukan cara menghitung sendiri yang lebih cocok. Harus terus diperhatikan agar selalu membuang nafas lebih lama daripada saat menarik nafas.

Untuk mengatasi dari dalam tubuh ada berbagai ma ramuan tradisional yang sering dipake orang tua kita untuk mengatasi sesak nafas antara lain dengan cara ini:

  • Ambil kira-kira 10 batang serai, Anda cuci hingga bersih kemudian rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air.
  • Sebelum mendidih, campurkan ke dalamnya gula merah secukupnya.
  • Dan bila sudah mendidih, jangan diangkat dulu akan tetapi tunggulah sampai airnya tinggal 1 gelas.
  • Setelah itu Anda angkat dari perapian dan dinginkan, kemudian disaring.
  • Minumlah air saringan tersebut kepada penderita sesak napas setiap hari 1 kali, yaitu pada tiap-tiap pagi sebelum makan apa-apa.

Dengan cara ini, Insya Allah napas yang sesak akan jadi longgar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman – teman semua yang mengalami sesak

Penyebab Sesak Nafas

Tags:

penyebab sesak nafas,cara mengatasi sesak nafas,gejala sesak nafas,penyebab sesak napas,sering sesak nafas,gejala sesak napas,cara menghilangkan sesak nafas,mengatasi sesak nafas,Cara mengobati sesak nafas,etiologi sesak nafas